Skip to main content

Saatnya Kaum Muda Harus Mengerti Politik

-->
 
SAATNYA KAUM MUDA HARUS MENGERTI POLITIK
Penulis: Madanisme ( Aktivis HmI )
                Kenapa politik tidak digemari anak muda? Dikarenakan yang tergambar dikepala mereka hanya sederetan nama-nama partai politik yang yang tidak memenuhi cita-cita mereka. Yang dimana politik tidak hanya sekedar medan laga perebutan kekuasaan yang tujuanya sama sekali tidak berhubungan dengan kepentingan umum.

Sebenarnya generasi muda memiliki kepekaan terhadap keteladanan yang dapat dicontohkan oleh tokoh-tokoh politik. Contohnya sumpah pemuda,Proklamasi kemerdekaan dan perjuangan bersenjata dan diplomasi pada 1940-an melibatkan angkatan muda.
Salah satu tokoh anak muda yang tidak banyak diketahui adalah ny.Yos Masdani ketika turut ambil bagian dalam perumusan sumpah pemuda(28 oktober 1928) dan Lafran Pane pendiri HmI bersama rekan-rekanya ikut aktif dalam perang kemerdekaan baik langsung memegang senjata atau sebagai staf penghubung. Untuk menghadapi pemberontakan PKI di Madiun 18 september 1948 Wakil ketua PB HMI Ahmad Tirtosudiro membentuk Corps Mahasiswa (CM) dengan komandan Hartono, wakil Ahmad Tirtosudiro ikut menumpas PKI dengan mengerahkan anggota pergi kegunung-gunung untuk membantu pasukan pemerintah.
Politik adalah bagian hidup yang tidak biasa terkalahkan. Politik sebenarbya adalah kenyataan yang menanggapi setiap orang,siapa saja, termasuk mereka yang tidak menyukai sekalipun.
Ada beberapa arti politik:
·         Kegiatan menghimpun
·         Mengarahkan
·         Menggunakan kekuatan meraih kekuasaan
·         Sebagai seni untuk melaksanakan suatu yang di capai
Maka dalam arti yang lebih nyata politik adalah seni membela dan memperjuangkan hak-hak warga Negara. Misalnya hak setiap warga Negara untuk mendapatkan kebebasan berekspresi,beropendapat,berkumpul. Selain itu politik bila diartikan lebih luas lagi akan mencerminkan hubungan antar manusia yang saling membutuhkan satu sama lain.
Jadi orang yang paling apolitis (orang tidak peduli pada politik) sebenarnya terlibat dalam politik. Setiap warga Negara harus ambil bagian dalam proses politik bila tidak mereka akan kehilangan hak akibat kebijakan-kebijakan pemerintah yang bisa saja mengabaikan kepentingan mereka. Pemerintah juga bisa saja tidak membela hak-hak mereka. Politik bisa dijadikan para pemuda bangsa sebagai senjata membela dan memperjuangkan hak-hak rakyat,sekaligus menjadi teladan bagi kaum muda yang lainya yang sedang haus akan nilai-nilai kebenaran.
Jika sebagai kaum muda sudah mengerti dan paham dengan pentingnya politik. tinggal kesadaranya masing-masing kaum muda untuk melaksanakanya baik untuk diri sendiri,keluarga,lingkungan sosial,masyarakat dan bernegara.
Ada nilai nan limo yang bisa kita bawa sebagai kaum muda agar menang melawan tokoh-tokoh politik yang haus akan kekuasaan dan merusak moral rakyat.
Nilai nan limo yaitu:
·         Kebersamaan
·         Kemandirian
·         Loyalitas
·         Keadilan untuk kemanusiaan
Kaum muda tentu tidak hanya satu tapi banyak di Negara kita ini. jika nilai nan limo ini kita pakai untuk mencapai tujuan bersama. kita bisa menggulingkan rezim yang secara perlahan membunuh rakyat.
Banyak kasus-kasus yang kita lihat dimana dana untuk rakyat diselewengkan oleh penguasa-penguasa yang tidak bermoral dan terbuai dengan kemewahan. sehingga akibatnya banyak kita lihat rakyat di Negara ini yang kelaparan,tidak punya tempat tinggal dan menyebar luasnya para pengemis yang harus mengisi lambungnya disudut kota-kota besar di Negara kita ini.
Seperti kata Ir. Lathifah Musa  dengan Tema: Kemiskinan di Tengah Kekayaan  Kalau kita menyimak apa yang disampaikan pemerintah dalam penyusunan RAPBN 2012, memang terbaca bahwa pendapatan negara Indonesia itu semakin meningkat. Ada defisit pengajuan RAPBN sebesar 1,5%. Yaitu 125,6 Trilyun. Kalau dalam aturan keuangan negara, defisit 1,5% dari Product Domestic Bruto (PDB), maka berarti PDBnya sendiri adalah Rp 8.373 Trilyun. Sangat besar. Kalau PDB dibagi ke seluruh rakyat Indonesia, yang berjumlah 237 juta jiwa, maka berati pendapatan perkapita bertahun masing-masing orang sekitar RP 35 juta atau sekitar 4000 dollar AS. Satu orang penduduk, termasuk yang masih bayi, berpendapatan sekitar 10 dollar dalam sehari. Inilah yang dipandang membanggakan oleh pemerintah. Tapi apa benar seperti itu? Hitung-hitungan ini memang kalau dibagi rata per jumlah penduduk Indonesia berdasarkan sensus 2010. Tapi faktanya sekarang, jutaan orang hidup dengan dua dollar per hari. Itupun sudah sulit. Bahkan diprediksi jumlah orang miskin, sebagaimana kriteria PBB, yaitu yang berpendapatan kurang dari 2 dollar sehari, di Indonesia jumlahnya bisa mencapai 100 juta jiwa lebih. Jadi kekayaan negara itu milik siapa? Yang jelas bukan milik seluruh rakyat Indonesia. Karena PDB itu tidak lantas mewakili pendapatan seluruh rakyat. Kenyataannya PDB yang besar itu, dikuasai hanya oleh kurang dari 20% jumlah penduduk di negeri ini. Sehingga memang kesenjangan terlihat sangat nyata. Yang kaya sangat kaya dan yang miskin sangat miskin. Yang kaya berjumlah sangat sedikit sementara yang miskin berjumlah sangat banyak. Ini memang fenomena negara-negara yang menerapkan sistem Kapitalisme. 
Sesungguhnya, Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang kaya raya, makanya tak aneh bila Indonesia dijuluki sebagai zamrud khatulistiwa. Potensi kekayaan alam Indonesia antara lain, kekayaan hutan, perkebunan, kelautan, BBM, emas dan barang-barang tambang lainnya.
Menurut data, Indonesia memiliki 60 ladang minyak (basins), 38 di antaranya telah dieksplorasi, dengan cadangan sekitar 77 miliar barel minyak dan 332 triliun kaki kubik (TCF) gas. Kapasitas produksinya hingga tahun 2000 baru sekitar 0,48 miliar barrel minyak dan 2,26 triliun TCF. Ini menunjukkan bahwa volume dan kapasitas BBM sebenarnya cukup besar dan  sangat mampu mencukupi kebutuhan rakyat di dalam negeri (Sumber Data ; Walhi, 2004)
Salah satu ladang minyak Indonesia yang sangat potensial adalah  Blok Cepu.  Secara bisnis potensi minyak Blok Cepu sangat menggiurkan. Setiap harinya, ladang minyak Blok Cepu ini  bisa menghasilkan sekitar sekitar 200.000 barel perhari.
            Jumlah itu dengan asumsi  harga minyak US$60 perbarel, maka dalam sebulan bisa menghasilkan dana Rp 3,6  triliun atau Rp43,2 trilun setahun. Demikian besarnya potensi minyak Indonesia,  yang seyogianya bisa memakmurkan rakyat, namun kenyataan menunjukkan sebaliknya, di mana kemiskinan dan penderitaan semakin mendera rakyat banyak. Inilah sebuah ironi dan keadaan tragis bangsa kita. Yang paling ironi lagi adalah bahwa yang paling diuntungkan dalam pengelolaan eksplorasi dan eksploitasi minyak tersebut adalah para perusahaan asing  Sementara masyarakat di wilayah  yang kaya minyak tetap  miskin. Sebagai illustrasi,  jumlah penduduk miskin di Kaltim naik 2,8 persen pada tahun 2001 dibandingkan tahun 1999 (data BKKBN). Dari total 2,7 juta populasi Kaltim 12% di antaranya adalah penduduk miskin merata di 13 kota dan kabupaten. Juara miskinnya adalah Kutai Kertanegara (17% dari total populasinya).
            Inilah ironi bangsa kita, mereka menderita kelaparan di lumbung padi. Kita adalah negara kaya raya, tetapi menjadi miskin karena kepicikan dan ketololan serta keserakahan bangsa kita sendiri.(baca pejabat kita sendiri). Mereka enak saja menyerahkan emas hitam tersebut ke tangan asing. Selain fenomena tragis tersebut, di Pertamina sendiri sebagai BUMN, praktek korupsi belum bisa ditangani secara tuntas. Pendapatan negara dari migas tersebut cendrung dikelola secara terutup dan para pejabat Pertamina cendrung hidup mewah di tengah merebaknya kemiskinan dan penderitaan rakyat. Menurut audit PWC 1999   negara telah kehilangan jutaan dollar AS antara bulan April 1996 - Maret 1998, akibat kerugian yang dialami Pertamina karena praktek korupsi dan inefisiensi. Kasus penyeludupan minyak lewat pipa di bawah laut merupakan realita yang menyakiti hati rakyat. Di tengah kelangkaan dan tingginya harga BBM, malah oknum Pertamina melakukan penyeludupan BBM.
            Angka kemiskinan mengalami peningkatan di Indonesia pada tahun 2012 hingga 2013 yang mencapai angka 96 juta jiwa angka ini mengalami peningkatan yang signifikan dari data tahun sebelumnya yang hanya mencapai 76,4 juta jiwa. Mau dibawa kemana Negara ini kalau pemuda calon penerus bangsa ini hanya diam dan berpangku tangan melihat keadaan tersebut. Itu sama saja kita sebagai pemuda bangsa dan penerus bangsa ini setuju dengan tindakan penguasa-penguasa yang haus kekuasaan dan kemewahan untuk terus menindas rakyat di Negara yang kita cintai ini. Fakta diatas itu menunjukkan kurangnya kesadaran anak muda untuk menanggapi situasi yang ada disekitarnya.
Pola pikir sederhananya politik sangat berkaitan dengan kehidupan kita. Bisa kita ambil contoh dari hal kecil seperti harga sayur yang biasa lewat di depan rumah kita atau harga susu buat adik kita. Efek  politik yang lebih besar  dalam kehidupan kita adalah bagaimana politik itu mempengaruhi nilai uang jajan yang kita pegang sekarang atau bagaimana kemulusan jalan yang kita sering lalui mau ke rumah,sekolah dan ke kampus. Apa hubungan hal diatas dengan politik? Kelihatanya tidak sama sekali jika kita melihat sambil lalu. Namun hal sederhana itu seperti sayuran yang di beli oleh ibu kita didepan rumah dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan public yang dikeluarkan oleh proses politik kata-kata seperti ekspor impor sayuran,kebijakan untuk petani sayuran, harga bensin mobil-mobil untuk mengangkut sayuran dari desa ke kota semua rangkaian politik yang besar.
Kaum muda bisa menjadi fasilisator untuk mengentaskan kasus-kasus yang telah kita baca diatas dengan berkecimpung dengan politik. Kaum muda  bisa mendorong suatu kelompok menuju consensus,menggunakan proses yang efektif dalam memecahkan konflik dan kasus-kasus yang ada saat ini dan kedepanya,mendorong kaum muda lainya dan masyarakat menuju kemajuan, melindungi rakyat dari agen-agen politik yang merampas hak mereka dan menekankan kaum muda lainya untuk menjadi tangki pengetahuan,pengalaman dan kreativitas untuk rakyat.
Jadi pada intinya kita sebagai kaum muda tidak boleh anti politik karena itu menyangkut hidup orang banyak jadilah kaum muda yang bertanggungjawab atas keumatan dan kebangsaan yakin usaha sampai untuk bisa merubah Negara ini dari:
·         Kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada rakyat
·         Feodalisme
·         Korupsi
·         Kemiskinan
·         Pelanggaran hak asasi manusia
·         Dan banyak lagi yang harus kita ubah di Negara ini
 
Telah nyata kerusakan di daratan dan di lautan oleh karena ulah tangan-tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka (akibat) sebagian perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
Dalam agama islam allah telah menyatakan kerusakan di daratan dan di lautan ulah tangan-tangan manusia. jadi kita disini kaum muda dituntut untuk membimbing kembali tangan-tangan yang membuat ulah di daratan dan di lautan untuk kembali kejalan yang benar agar terwujudnya rakyat yang adil dan makmur.







                       

Comments

Popular posts from this blog

Puisi Ikhwan Ramadan Siregar

 Manusia Itu Gelisah manusia itu disaat tertidur Melayang memikirkan kesalahan dan kebenaran Tertawa manusia itu saat menangis Berjalan melihat kebahagian dan kesedihan Dusta manusia itu membuatmu geLisah Kelalain manusia itu membuatmu bersalah Perjuangan manusia itu membuatmu mencari kebenaran Senyuman manusia itu  membuatmu ingin kebahagiaan Tangisan Manusia itu membuatmu ingin menghapus kesedihan Semua Yang kau rasakan untuk manusia itu Semua yang kau lakukan untuk manusia itu IR.Siregar   Perjuangan Hidup dikelilingi perjuangan Petir terus menghantam tubuh Mendung menari- nari menghalangi Hujan membasahi tuubuh ini Senyuman mengfhapus semua itu Kesabaran menghancurkan semua itu Tekad hidup terus berjalan cita-cita mendarah daging di tubuhku IR.Siregar Sinar Berjalan di kegelapan malam sepi Berharap sinar itu menuntutun diriku Jalan berliku  dan berlubang tak bisa kulihat Dimanakah sinar yang dulu

Puisi Ikhwan Ramadan siregar Part 3

ANJING Karya ; IR.siregar Anjing itu menggonggong kebusukan anjing itu menjilat demi jabatan anjing itu berlari kencang mengejar martabat anjing itu mengrogoti uang rakyat anjing itu tak punya malu menjilat rakyat anjing itu mengigit tubuh rakyat anjing itu memakan hak rakyat dasar anjing hanya tau pri kebinatangan tidak tahu apa arti prikemanusiaan anjing-anjing ini tetap berkembang biak lolongan yang bau busuk akan terus terdengar hingga tuhan yang akan memusnahkan engkau wahai anjink Cucu adam tertawa Karya: IR.siregar Kulihat sosok cucu adam tertawa bahagia kulihat sosok cucu adam menangis kelaparan kulihat sosok cucu adam diatas puncak keserakahan kulihat sosok cucu adam mati dibawah kemisikinan dia yang tertawa yang bersalah dia yang kelaparan yang menjadi korban mereka-mereka serakah mencuri hak si kelaparan walau kelaparan didepan serakah tapi tetap bisa tertawa kemiskinan mengelilingi serakah tapi tetap bisa tertawa in

Foto Ikhwan Ramadan Siregar

Semua yang kulakukan untuk mendapatkan kesuksesan hidup di DUNIA dan AKHIRAT dan aku tidak akan pernah berhenti untuk berjuang untuk menggapai puncak kesuksesanku, walaupun segala cobaan menerpa hidupku, aku yakin bisa menyelesaikanya tanpa air mata jatuh di pipiku, Air mataku hanya boleh jatuh saat aku sudah bisa membuat kedua orang tuaku dan orang-orang disekitarku tersenyum melihat kesuksesan yang telah kugapai.   Hidup adalah perjuangan  jangan pernah berhenti berjuang untuk hidup yang kau inginkan Tiada kata menyerah sampai nafas terakhir karena semua perjuanganmu untukmu dan orang terdekatmu